Friday, November 02, 2007

Muslim Australia Janji Bantu Korban Gempa Sumbar

Nopember 1st, 2007 in Daerah |

Padang ( Berita ) : The Foundation of Islamic Studies and Information (FISI) — organisasi penggalang dana muslim dari beberapa negara termasuk asal Indonesia– di Australia, berjanji akan menyalurkan zakat untuk meringankan beban kaum muslim di Sumbar, yang menjadi korban gempa bumi dan masyarakat miskin provinsi itu.

“Dulu FISI sudah menyalurkan zakat terpusat ke Jakarta, tetapi berkali-kali ditelpon tetap tidak ada bukti bantuan tersebut sudah disalurkan dengan baik, terkait belum adanya lembaga dipercaya semacam BAZ, sehingga keberadaan BAZDA Padang makin memudahkan penyaluran zakat itu,” kata Syamsiah Hadi, seksi pendidikan FISI, disela Konferensi Zakat Asia Tenggara (KZAT) II, berlangsung pada 30 Oktober - 3 November 2007 di Padang, Rabu [31/10].

FISI sudah lima tahun berdiri di Australia, keberadaannya membantu menghimpun dana zakat, infak dan

sadakah yang disalurkan pada muslim (miskin) dunia yang membutuhkan.

Sepasang suami isteri itu menetap di Australia sejak tahun 1981, dan keduanya lulusan master universitas Al Azhar Kairo.

Menurut Syamsiah, muslim di Australia ada sekitar 5 juta orang berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia.

“Kita tidak mematok target pengumpulan zakat, infak dan sadakah, biasanya terkumpul dalam Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Selain itu bantuan dihimpun melalui pekan raya dan pameran Islam,” katanya.

“Kendati baru pertama datang ke Padang, Sumbar, hanya mengikuti KZAT II ini, setelah ini selain membantu menyalurkan zakat, FISI mencoba untuk menyalurkan buku-buku bagi kemajuan pendidikan di daerah ini,” katanya.

FISI sleian bergerak menghimpun zakat, juga membina para mualaf dari berbagai bangsa tiap tahun biasanya 15-20 orang, tambahnya. ( ant )